Tak Harus Emas, Logam Mulia Ini Tidak Kalah Cantik Untuk Wedding Ring

9 months ago
Share:
Tak Harus Emas, Logam Mulia Ini Tidak Kalah Cantik Untuk Wedding Ring

Perannya sebagai simbol pernikahan yang abadi masih tetap terjaga. Oleh karena itu, wajar bila calon pengantin sangat selektif memilih wedding ring atau cincin kawin, cincin yang akan mereka kenakan seumur hidup.  


Bukan hanya bicara selera, filosofi yang terkandung di dalamnya pun menjadi bagian penting dalam menentukan cincin kawin. Seperti filosofi yang dianut oleh sebagian besar tradisi di Indonesia, bahwa bentuk cincin kawin haruslah bulat, tak berujung dan tak berpangkal. Dengan memilih bentuk yang bulat, diharapkan pernikahan akan terus berjalan tanpa mengenal ujung, seperti lingkaran yang juga tak memiliki ujung. 


Itulah sebabnya, meski telah hadir ragam bentuk yang bervariasi, wedding ring berbentuk bulan tetap menjadi pilihan utama. Bila ingin sesuatu yang berbeda, pengantin akan mengeksplornya dari sisi materi. Kamu yang sudah bosan dengan cincin bermaterial emas misalnya, ada pilihan lain yang tak kalah indah dari emas.





Platinum

Logam mulia berwana putih ini menyerupai emas putih. Bedanya, jika emas putih dilapisi rhodium untuk mendapatkan warna putih, sedangkan platinum tidak. Warna putihnya terpancar dari warna asli logam mulia yang memiliki massa lebih berat dibandingkan emas atau logam mulia lainnya. Kilau platinum yang tidak mudah pudar sebanding dengan harganya yang dua kali lipat lebih mahal dibanding emas 18 karat.




Titanium

Berbeda dengan platinum, titanium jauh lebih ringan. Dengan warna hitam hingga keabu-abuan yang eksotis, titanium pantas dikenakan oleh calon pengantin dengan beragam pigmen kulit bahkan untuk kulit gelap sekalipun. Kelebihan lain dari titanium, logam mulia ini tidak mudah tergores dan tahan benturan. Meski harganya tergolong mahal, titanium baik digunakan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif karena bersifat hypoallergenic. Kekurangannya, titanium tidak dapat disolder untuk diperkecil atau diperbesar di kemudian hari. 




Tungsten

Mengungguli harga logam mulia lainnya, tungsten mempunyai sifat yang mirip dengan titanium yang tidak mudah tergores dan tahan benturan. Cocok untuk kamu yang aktif berkegiatan di luar ruang, sehingga tidak perlu khawatir keluar masuk toko untuk menyervis cincin. Berwarna hitam, saat ditempa pada suhu yang sangat tinggi, tungsten yang memiliki kekuatan di atas platinum dan titanium menyebabkan sulitnya mengukir motif pada cincin tungsten. Berbeda dengan titanium yang meski kuat namun masih dapat diukir. 


Share: