Siapa Yang Harus Membeli Cincin Kawin?

7 months ago
Share:
Siapa Yang Harus Membeli Cincin Kawin?

Buat kamu yang sudah memutuskan untuk menikah, pernahkah terlintas dalam benak kamu, siapa yang harus membeli cincin kawin? Calon pengantin wanita? Atau calon pengantin pria?

Sebelum lanjut, coba kita berpikir sejenak. Setelah pesta pernikahan usai, setelah semua teman dan kerabat kembali kepada kegiatan mereka masing-masing, apakah yang tersisa sebagai saksi bahwa kamu dan pasangan telah menjadi suami isteri? Yang pasti Akta Nikah, foto dan video pernikahan, serta cincin kawin yang tersemat di jari manis. Jadi, apakah cincin kawin itu penting? Tentu saja.



Calon Pengantin Pria Harus Membeli Cincin Kawin 

Sudah menjadi tradisi jika umumnya cincin kawin dibeli oleh calon pengantin pria. Hal ini bukan saja telah menjadi tradisi paternalistik di hampir seluruh belahan bumi tapi juga menjadi tanda janji dan tanggung jawab moral pria terhadap wanita yang dipilihnya menjadi isteri. Cincin kawin adalah bentuk komitmen dari janji pernikahan.



Calon Pengantin Wanita Ikut Membeli Cincin Kawin

Semakin modern pasangan pengantin, pembagian tugas dalam mempersiapkan pernikahan juga semakin jelas. Siapa yang menyiapkan dan membeli apa adalah tugas masing-masing untuk melengkapinya. Untuk cincin kawin, biasanya akan ada pembagian cost calon antara pengantin pria dan wanita. Ini merupakan lambang kesetaraan antara suami dan isteri dimana keduanya memiliki hak dan kewajiban yang seimbang dalam kehidupan pernikahan. 



Masing-Masing Membeli Cincin Untuk Pasangannya

Hampir sama dengan poin sebelumnya, tetapi pembagian seperti ini akan memiliki arti yang lebih istimewa. Karena masing-masing dari kamu memilih dan membeli cincin istimewa ini untuk pasanganmu. Bisa jadi pilihan kamu berbeda. Tapi terkadang desain cincin pria dan wanita memang berbeda bukan? Yang terpenting adalah cincin yang nantinya kamu kenakan itu adalah pilihan dari pasanganmu sendiri dan itu menjadikannya istimewa.


Tips Untuk Pasangan Calon Pengantin

Biasanya dalam hal menentukan dan membeli cincin kawin ada dua hal yang terjadi. Calon pengantin wanita memilih cincin mana yang kira-kira tepat untuk kamu berdua dan calon pengantin pria yang membayarnya. Namun, zaman sudah modern, berbagai tradisi pun mulai bergeser. Tidak ada salahnya calon pengantin wanita ikut membeli cincin kawin, karena dengan begitu rasa memiliki yang tumbuh nantinya pun akan lebih kuat. Bagaimanapun, keputusan ada di tangan kamu berdua, siapa yang akhirnya akan membeli cincin kawin. 


Photo by @theportraitphotography & @kimiandsmithpictures