Menabung Untuk Menikah? Begini Caranya

1 year ago
Share:
Menabung Untuk Menikah? Begini Caranya

Ketika memutuskan untuk menikah dengan kekasih tercinta, artinya kamu sudah berkomitmen. Dan bukti keseriusan kamu ada di proses mempersiapkan pesta pernikahan. Salah satunya adalah menabung untuk membiayai momen sakral dan berharganya sebuah pernikahan. Memang kamu bisa dibantu pendanaannya oleh kedua orang tua dari pihak masing-masing atau bahkan sekarang tersedia KTA untuk biaya menikah, namun ada kepuasan tersendiri jika kamu dan pasangan dapat membiayai pesta pernikahanmu sendiri.

 

Oleh karena itu menabung untuk menikah menjadi hal penting yang perlu dilakukan oleh kamu  dan pasangan, bukan hanya untuk membiayai pesta pernikahan tapi juga bisa menjadi gaya hidup keuangan yang sehat untuk hidup pernikahanmu kelak.

 


Berhemat

Berkomitmen hidup hemat untuk menabung dalam persiapan pesta pernikahan menjadi hal terpenting yang harus kamu lakukan. Kenapa? Karena penghematan sehari-hari yang kamu  lakukan tentunya bisa menambah pundi-pundi tabungan. Bukan hanya itu, kamu berdua perlu sadari, kebutuhan akan terus meningkat setelah menikah, oleh karena itu, kebiasaan bergaya hidup hemat akan membawamu jauh ke depan dalam hidup pernikahan kelak.

 


Tabungan khusus pernikahan

Tujuan utama dari membuka tabungan khusus pernikahan adalah supaya kamu dan pasangan lebih fokus untuk menabung. Karena dari porsi gaji masing-masing perlu kamu masukkan ke tabungan khusus pernikahan sebagai bagian dari komitmen. Selain itu, tabungan ini juga untuk mengurangi gaya hidup boros dan jangan sampai gaji kamu per bulan habis untuk hal-hal yang tidak terencana. Kalaupun pada akhirnya jumlah tabungan masih belum mencukupi, setidaknya kamu berdua sudah punya tabungan untuk memenuhi beberapa unsur biaya pernikahan.

 

Kurangi pemborosan dalam berkencan

Hindari gaya hidup boros, terutama bagi kamu yang setiap hari menjemput atau dijemput pasangan kemudian mampir ke kafe. Bayangkan biaya setiap hari yang harus kamu keluarkan untuk makan atau sekedar ke kafe bersama pasangan kalau itu dilakukan setiap hari. Belum lagi saat akhir pekan waktunya berkencan, biasanya mal menjadi tujuan untuk makan siang, mengopi, atau menonton film. Dalam masa persiapan pesta pernikahan, mulailah untuk berhemat. Bukan saja untuk melatih menurunkan hawa konsumerismemu, tapi juga sebagai latihan untuk kehidupan keuangan dan keluarga yang baik nantinya.

 

 

Share: