Dasi Kupu-Kupu Untuk Pengantin Pria. Kenapa Tidak?

7 months ago
Share:
Dasi Kupu-Kupu Untuk Pengantin Pria. Kenapa Tidak?

Kamu tahu kan kalau calon pengantin wanita punya banyak pilihan untuk menentukan gaun pengantin idamannya. Sementara calon pengantin pria hanya punya tiga pilihan untuk memilih jas pengantinnya: tuxedo, jas pengantin, atau jas model bisnis yang dikenakan saat menikah. Bedanya apa? Tentu kamu sudah mengetahui seperti apa bentuk tuxedo. Jas Pengantin adalah jas yang didesain khusus untuk hari pernikahan, modelnya mungkin dapat berbeda dan dasi yang menghiasnya pun berbeda. Jas model bisnis adalah jas seperti biasa dimana bisa digunakan dengan dasi biasa atau dasi kupu-kupu sebagai penghias. Hmm… dasi kupu-kupu? Kenapa tidak? 


Dasi kupu-kupu pertama kali dipopulerkan oleh para bangsawan Perancis yang kemudian berkembang menerobos dunia fesyen pria. Meski jarang dikenakan sehari-hari, dasi kupu-kupu bisa memberikan kesan formal dan juga gentleman bagi pemakainya. Karenanya, dasi ini pun dipilih menjadi salah satu aksesori para pengantin pria di hari pernikahannya. 



Tipe Dasi Kupu-Kupu

Karena popularitasnya, kita bisa membeli dasi kupu-kupu atau bow tie dimana-mana. Pada dasarnya ada tiga macam dasi kupu-kupu: self tie, clip-on, dan pre-tied. Self-tie adalah dasi kupu-kupu yang dibuat sendiri. Karena cara memakainya agak berbeda dengan dasi biasa yang lebih umum, maka butuh waktu untuk bisa menampilkan ikatan yang sempurna. Kamu perlu berlatih dulu dan tentunya akan memakan waktu. Clip-on adalah dasi kupu-kupu dengan kaitan. Dasi kupu-kupu model ini memang mudah dikenakan tapi terkadang terlihat tidak pas dan beresiko terlepas saat beraktivitas. Yang terbaik adalah pre-tied bow tie dimana kamu hanya perlu mengaitkan tali yang tersedia di belakang kerah kemeja. 



Bentuk Dasi Kupu-Kupu

Pilihlah dasi kupu-kupu yang tidak terlalu besar yang cocok dikenakan pada kerah kemeja standar. Pilihlah kemeja dengan kerah bersayap yang cocok untuk dasi kupu-kupu (winged collar). 



Bahan dan Corak

Dasi kupu-kupu berbahan satin bercorak polos adalah pilihan teraman bagi kamu yang ingin tampil klasik. Namun, ada banyak corak yang akan membuatmu lebih stylish, seperti: polka dots, stripes, paisleys, bahkan dengan corak batik. 



Warna yang Tepat

Sesuaikan warna dasi kupu-kupu dengan warna jas. Dan, warna yang paling klasik dan netral adalah hitam atau putih. Kuncinya adalah jangan memilih warna yang terang sehingga mata orang akan tertuju pada dasi kupu-kupumu. Pilihlah warna yang netral karena dasi kupu-kupu adalah untuk menunjang penampilan. 


Dasi kupu-kupu juga bisa digunakan oleh para groomsmen, tentu saja pemilihan warna dasi kupu-kupu sebaiknya diseuaikan dengan warna gaun para bridesmaids atau mengikuti warna dekorasi sehingga semuanya akan terlihat sama dan serasi. 




Share: